KISI-KISI
SOAL
Jenis
Sekolah : SD/MI Alokasi Waktu
:
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia Jumlah Soal : 35 PG
10 Isay
5 Uraian
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No/
BentukSoal
|
||
PG
|
Isian
|
Uraian
|
|||||
1
|
Mendengarkan
5.Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
|
5.1Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya.
5.2
Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak
yang didengarnya.
|
Menanggapi cerita
Menirukan dialog
|
•Menyususn
paragraf petunjuk melakukan sesuatu.
• Menjelaskan pengertian pengalaman.
•
Menyebutkanc ontoh pengalaman yang menyenangkan.
• Menjelaskan pengertian dialog
•
Menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam bermain drama
•
Menyebutkan jenis-jenis pemain dalam drama
• Menyebutkan contoh dialog dalam
drama
|
7
8
11
12
13
14
|
10
|
2
|
2
|
Berbicara
6.Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita.
|
6.1
Melakukan percakapan melalui telepon/ alatkomunikasi
7.1
Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200
kata) yang dibaca secara intensif
|
Percakapan
Menjawab
dan mengajukan pertanyaan
|
•
Menyebutkan alat yang digunakan untuk berkomunikasi
• Melengkapi percakapan melalui telepon
•
Menyebutkan tatacara bertelepon yang benar
•
Menggunakan kata Tanya siapa, berapa, mengapa
•
Menggunakan tanda Tanya untuk melengkapi kalimat Tanya
•
Membuat kalimat Tanya dengan jawaban yang telah tersedia
•
Menjawab pertanyaan dari isi teks agak panjang
|
9
10
18,19
15
17
33,34,
35
|
2
|
4
3
|
3
|
Membaca
7.
Memahami teks dengan membaca intensif (150-200 kata) dan membaca puisi
|
7.2
Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat
|
Membaca
|
• Menjelaskan pengertian puisi
•
Menjawab pertanyaan berdasarkan isi puisi
|
6
1,2,3, 4,5
|
7
|
|
4
|
Menulis
8.Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
8.1
Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan menggunakan pilihan
kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan ejaan, huruf capital, dan tanda
titik
|
Menulis karangan
|
•
Membuat karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
•
Menyusun kalimat berita yang masih acak
• Membuat kalimat perintah
• Menulis judul karangan yang benar
• Penggunaan huruf capital yang benar
•
Menggunakan tanda hubung ( - ) untuk menulis kata ulang
•Menggunakan
tanda koma untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berkaitan
•
Melengkapi kalimat dengan kata depan dan awalan
• Mencari sinonim dan antonym
•
Menjawab pertanyaan dari bidang pernyataan
|
26
24
16
22
30
25
23,31
20,21
27,28,29
|
9
8
6
3
4,5
7
|
5
1
|
0 komentar:
Posting Komentar