Pages

Ads 468x60px

Selasa, 25 September 2012

CARA MENGATASI MASALAH VERSI KANG AHMAD

    Sedih, gembira, benci, cinta, sakit, sehat, cemburu, rindu, kecewa,khawatir, lapar, dahaga, resah, galau, adalah sesuatu yang biasa dirasakan oleh manusia. baik anak kecil maupun orang dewasa, miskin atau kaya. setiap hari akan merasakan salah satu di antara rasa itu. Dengan menyadari hal tersebut mestinya kita bisa menyiasati bagaimana cara mengatasi bila suatu saat ada masalah dalam hidup kita.
    Tetapi kadang rasa putus asa akan menguasai diri bila kita terbentur pada satu masalah. padahal kalau kita mau berpikir tenang maka semua masalah pasti bisa dicari solusinya. contoh mudah kalo kita lapar ya kita makan, kan selesai. kalau kita dahaga ya kita tinggal minum, kan beres. kalau kita ngantuk ya kita tidur, kan enak. nach kalau kita sakit tentu harus berobat, begitu seterusnya dan seterusnya.
    Disini akan coba kita bahas dari rasa yang bersifat Negatif atau kurang nyaman. misalnya saat sedih, tentu ada sesuatu yang membuat sedih. kita cari dulu rasa sedih itu bermula dari apa, lalu kita analisa dan pertimbangkan, untuk kemudian dicari penyelesaiannya. memang harus diakui bila sedang menghadapi masalah kita sering diperbudak permasalahan itu sendiri sehingga kita larut dan terlena di dalamnya  Padahal kalo kita bisa tenang dan bersabar sedikit, tentu semua bisa diatasi dengan baik, walaupun perlu waktu untuk menyelesaikannya.
    Contoh lain bila sakit, tentu ada yang menyebabkan badan kita sakit. ya, kita tinggal cari apa penyebab sakit itu dan segera cari obat yang pas untuk menringankan atau menyembuhkannya. sebab kalau salah obat bukannya menyembuhkan, justru sebaliknya bisa menimbulkan penyakit  lain yang dalam istilah kedokteran disebut efek samping.Kalaunkita tidak tahu obat ya jangan mali mali harus minta petunjuk pada orang yang ahli dalam pengobatan, bisa dokter atau tenaga medis yang lain.
    Dari contoh kasus di atas maka saya bisa mengambil kesimpulan, bila suatu saat kita terbentur pada satu masalah maka langkah pertama kita adalah tenang, bersabar, ada niat untuk menyelesaikan masalah, dan minta pendapat orang lain yang bisa dipercaya apabila masalah itu tidak bisa dipecahkan sendiri.
    Setelah usaha kita coba maka jangan lupa berdoa, minta pada Sang Pencipta untuk dicarikan jalan keluarnya karena Dialah yang maha tahu apa yang terbaik buat kita. terakhir kita tawakkal, artinya percaya bahwa Sang Pencipta akan memberikan yang terbaik buat kita.
    Semoga coretan pendek ini bisa diambil manfaatnya dan kalau ada yang salah mohon kritik dan sarannya.

   

0 komentar:

Posting Komentar