Pages

Ads 468x60px

Kamis, 27 September 2012

TUGAS DAN TANGGUNG JAWABKU


    Kamis wage tanggal 27 september 2012,
    Mentari bersinar cerah, terangi mayapada. Seluruh alam tersenyum riang menikmati hangat sinarnya. kupu kupu berterbangan kesana kemari, bercanda dengan sesama,sementara burung burung bercumbu mesra. Semilir angin berhembus lembut, membelai wajah wajah ceria,
    Dengan semangat kulangkahkan kaki, menuju tempat tugas, tuk menuaikan kewajiban. mendidik anak anak, supaya mereka menjadi anak-anak yang cerdas yang bisa meneruskan cita cita para pahlawan untuk membangun negara tercinta, INDONESIA.
     Kusiapkan semua keperluan yang berhubungan dengan kegiatan belajar yang meliputi buku buku administrasi dan buku buku pelajaran juga tak lupa ku siapkan alat peraga pendukung yang dibutuhkan. Mengawali pembelajaran ku lemparkan senyum dan memandang seluruh peserta didikku, dengan lembut ku beri salam, "Assalamualaikum wr. wb ..." merekapun dengan serempak menjawab salamku, "Walaikumsalam wr. wb", "Selamat pagi anak-anak!" lanjutku. "Selamat pagi pak guru!" semangat sekali mereka menyambut salamku. Melihat mereka semangat seperti ini membuatku lebih terpacu untuk menyampaikan materi hari ini. Dengan telaten kusampaikan materi pelajaran sesuai jadwal. kadang diselingi humor biar anak anak tidak mengantuk. sebab sering terjadi ketika guru asik mengajar ada satu dua anak yg mengantuk, untuk menyiasati hal tersebut maka guru harus bisa menyegarkan suasana kelas dalam bentuk humor. tentu saja humornya harus berhubungan dengan materi pelajaran.
Belum selesai materi diajarkan kadang ada anak yg bertanya, dan harus dijawab, maka suasana belajar terasa lebih hidup. dan itu bisa membuat anak anak lebih semangat dalam menerima pelajaran.
Dengan tekun anak anak menyimak seluruh materi, hingga tak terasa lonceng bberbunyi tanda waktu istirahat. Saat istirahatdigunakan oleh anak anak untuk beli jajan ataun membuka bekal yang mereka bawa dari rumah, sementara bagi rekan rekan guru kesempatan itu dipergunakan untuk ngobrol, diskusi ringan berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar tentunya.
    Hal itu sudah menjadi rutinitas harian yang merupakan bentuk tanggung jawab sebagai guru. Tidak ada keluh kesah sedikitpun bagi rekan rekan guru dalam menjalankan tugasnya di sekolah, walaupun kadang sekolah tidak memiliki fasilitas yang memadai. tapi tidak menyurutkan semangat. berbagai kendala atau kesulitan akan dihadapi dengan penuh kesabaran, dengan satu tujuan untuk turut serta mencerdaskan anak bangsa.
    Contoh mudah di sekolahku saat ini belum memiliki komputer, maka untuk mengerjakan tugas yang berhubungan dengan administrasi harus minta tolong ke sekolah terdekat atau ke rental komputer. memang sih perlu waktu lebih untuk mengerjakan tugas trugas itu tapi semua itu tidak menjadi alasan bagiku untuk menunda pekerjaan, karena kalau satu pekerjaan tertunda maka tugas yang lain akan mengejar. makanya lebih baik semua pekerjaan diselesaikan tepat waktu. usulan tuk mendapatkan komputer sudah direspon dengan baik oleh pihak terkait, kini tinggal menunggu waktu untuk mendapatkannya.
    Gedung sekolah yang rusak juga sudah diusulkan dan kini dapat rehab walaupun masih bersifat rehab ringan. dan lewat kepala UPT, sekolah sudah mengajukan usulan rehab berat walaupun masih sebatas usulan lesan. Harus di akui memang cukup merepotkan dengan jumlah murid dari kelas satu sampai kelas enam hanya 30 anak. sementara ruang yang layak huni baru ada tiga ruang. satu unuk ruang guru, satu khusus kelas enam karena khusus kelas enam harus konsentrasi penuh untuk menghadapi UN yang akan datang. Sementara satu ruang dipergunakan untuk kels satu sampai kelas lima. untuk. mengusulkan ruang kelas baru saat ini belum memungkinkan karena saat ini sekolah tidak memiliki tanah untuk pembangunan gedung baru.
    Dan kami juga berterima kasih kepada pemerintah daerah yang sangat perhatian terhadap dunia pendidikan, sehingga kami menjawabnya dengan cara lebih memaksimalkan waktu yang ada demi kemajuan sekolah agar peringkatnya bisa lebih meningkat. berbagai kendala selalu dihadapi dengan jalan musyawarah antara guru, komite, wali murid, dan masyarakat yang peduli dengan pendidikan.
    Akhirnya dengan segala keterbatasan yang ada, saya bersama rekan guru akan berusaha semaksimal mungkin demi kemajuan pendidikan di sekolahku.
ahmad zainudin Gusmad
11:04 AM (9 hours ago)


to me
  


 

8:39 PM (4 minutes ago)

to ahmad





Click here to Reply or Forward
0% full
Using 0 GB of your 10.1 GB
©2012 Google - Terms & Privacy
Last account activity: 9 hours ago
Details


0 komentar:

Posting Komentar