Pages

Ads 468x60px

Senin, 10 September 2012

SIAPA MENANAM, AKAN MENUAI

   Slogan sederhana yg memiliki arti yg sangat luas, apabila dicermati dengan  pikiran yang jernih akan sangat bermanfaat bagi kita. betapa tidak, dengan memahami dan melaksanakan apa yang terkandung dalam slogan tersebut, maka setiap gerak langkah kita akan selalu terarah, menuju pada satu titik, yaitu hasil yang baik.
   sederhana begini, ketika kita menanam padi, maka kita akan memanen padi. apabila menanam pisang, kita akan memanen pisang. Maka bila kita melakukan kebaikan sekecil apapun, maka kita juga akan memperoleh kebaikann.
   Yang menjadi pertanyaan, apakah bila kita melakukan satu kebaikan akankan dengan segera kita mendapatkan balasan kebaikan?
   Jawabnya sederhana. Bila kita menanam padi apa kira kira dalam satu dua hari segera memanen hasilnya? tentu saja tidak. perlu waktu untuk mendapatkan panen yang baik. terus pertanyaan berikut, kapan waktunya kita menerima hasil dari perbuatan baik yg kita lakukan? jawabannya juga sederhana, menanam padi, pisang atau yg lain memiliki masa pannen yang berbeda. begitu juga dengan perbuatan baik kita, apabila kita berbuat baik mungkin kita bisa mendapatkan hasilnya saat itu juga, tapi kadang perlu waktu, mungkin esok, lusa atau dalam kurun waktu yang belum bisa ditentukan. malah kadang hasil yang kita harapkan akan datang saat kita sudah melupakan apa yang pernah kita perbuat sebelumnya.
   Oleh sebab itu marilah dari sekarang kita mulai hari hari kita dengan berbuat baik, karena sekecil apapun perbuata yang kita lakukan maka akan selalu ada balasan dari perbuatan kita.
   Nach, kebalikan dari slogan tersebut yaitu " siapa menabur angin maka akan menuai badai ".
artinya sangat jelas, sekecil apapun kejahatan yg dilakukan oleh manusia, maka dia akan merasakan akibatnya. akibat yg diterimanya bisa seketika, dalam waktu dekat atau dalam  waktu yang cukup lama. orang jawa menyebutnya "KARMA".
   Ibaratnya ," madu di tangan kananmu, racun di tangan kirimu,". Maka sebagai sesama, alangkah baiknya saya menyarankan kepada semuanya untuk melakukan kebaikan di setiap waktu, karena kata temanku, sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan maka akan bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar