KURIKULUM SD NEGERI 02 KALIBOJA
KEC. PANINGGARAN
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN
PEKALONGAN
TAHUN 2012
PENGESAHAN
KURIKULUM SD NEGERI 02 KALIBOJA
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Telah diteliti
dan disyahkan penggunaanya
pada Tanggal 5 Juli 2012 dan dinyatakan berlaku
pada semua
jenjang kelas (kelas I – VI )
Sekolah Dasar
Negeri 02 Kaliboja
Menyetujui Mengesahkan
Ketua Komite Sekolah Kepala SD Negeri 02 Kaliboja
WALUYO AHMAD
ZAINUDIN SP,d
NIP.19660801
199208 1 001
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Kepala UPT
Pendidikan Paninggaran
Kabupaten Pekalongan
H.
UMAIDI, MSi
GIYONO, S.Pd
NIP NIP 19610326 198201 1 003
TIM PENYUSUN
KURIKULUM
SEKOLAH DASAR NEGERI 02 KALIBOJA
KETUA : AHMAD ZAINUDIN SP.d (KEPALA SEKOLAH)
ANGGOTA : ARI TRESNANI (GURU KELAS
I)
TRI ARDIATI K.P (GURU KELAS II)
BAMBANG
SANTOSA (GURU KELAS III)
AHMAD
ZAINUDIN (GURU KELAS IV)
BAMBANG PUJI HANDOYO (GURU KELAS V)
SOLICHUN SHOLEH (GURU KELAS VI)
ZAMRONI (GURU MAPEL PAI)
AKHMAD SYEKHU (GURU PENJASKES)
NARA
SUMBER :
1. Drs.
RIZA, M.Si (KASI KURIKULUDINDIKKAB.PEKALONGAN)
2. GIYONO, S.Pd. (KEPALA UPT PENDIDIDKAN PANINGGARAN)
3. WINARYO, S.Pd. (PENGWS TK/SD UPT PEND..KANDANGSERANG)
4. BARA
AKANTO, M.Pd. (PENGWS
TK/SD UPT PEND.KANDANGSERANG)
5 WACHYUDI, S.Pd. (PENGWS TK/SD UPT PEND. PANINGGARAN)
6.
SUBAGYO, S.Pd. (PENGWS TK/SD UPT PEND. PANINGGARAN)
7.
TAUFIK, S.Pd.
(PENGWS TK/SD UPT PEND.
PANINGGARAN)
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur
kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas
limpahan rahmat dan hidayahNya, SDN 02 Kaliboja telah dapat menyusun Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan merupakan salah satu upaya mengimplementasi Standar Isi dan Standar
Kompetensi Lulusan menjadi kegiatan pembelajaran yang operasional, siap
dilaksanakan oleh sekolah, sesuai dengan karakteristik daerah, dan berorientasi
pada kebutuhan peserta didik.
Kurikulum SDN 02 Kaliboja disusun dengan
mengacu pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan
oleh BSNP dan model-model KTSP yang dihasilkan oleh Pusat Kurikulum. Namun
demikian, kami menyadari bahwa kurikulum ini masih belum sempurna.
Penyempurnaan secara berkelanjutan akan terus dilakukan seiring dengan
terbitnya standar-standar lainnya, yaitu: standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan,
standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan
standar penilaian pendidikan yang merupakan sumber acuan lainnya dalam menyusun
KTSP.
KTSP ini mulai dilaksanakan pada tahun
pelajaran 2012/2013. Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan
kepada seluruh staf sekolah dan Komite sekolah yang telah meluangkan waktu dan
tenaganya untuk menyusun kurikulum ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan
petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi untuk peningkatan mutu
pendidikan di Indonesia.
Kali boja , Juli 2012
Kepala SDN 02 Kaliboja
AHMAD ZAINUDIN,
S.Pd
NIP. 19660801 199208 1 001
DAFTAR ISI
PENGESAHAN
........................................................................................................
|
ii
|
|
TIM PENYUSUN
.....................................................................................................
|
iii
|
|
KATA PENGANTAR
..............................................................................................
|
iv
|
|
DAFTAR ISI
.............................................................................................................
|
v
|
|
BAB I.
|
PENDAHULUAN
..................................................................................
|
1
|
A. Latar Belakang
...................................................................................
|
1
|
|
B. Tujuan Pengembangan KTSP
............................................................
|
2
|
|
C. Prinsip Pengembangan KTSP ............................................................
|
3
|
|
D. Pengertian Istilah
...............................................................................
|
4
|
|
BAB II.
|
TUJUAN PENDIDIKAN
......................................................................
|
5
|
A. Tujuan Pendidikan Dasar
..................................................................
|
5
|
|
B. Visi dan Sekolah
................................................................................
|
5
|
|
C. Misi Sekolah ......................................................................................
|
5
|
|
C. Tujuan Sekolah
..................................................................................
|
5
|
|
BAB III.
|
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
...................................
|
6
|
A. Struktur Kurikulum .........................................................................
|
6
|
|
B.
Muatan Kurikulum
...........................................................................
|
7
|
|
1.
Mata Pelajaran .............................................................................
|
7
|
|
2.
Muatan
Lokal
.............................................................................
|
13
|
|
3.
Pengembangan
Diri
.....................................................................
|
13
|
|
4.
Pengaturan
Beban Belajar
...........................................................
|
15
|
|
5.
Ketuntasan Belajar
......................................................................
|
16
|
|
6.
Kenaikan Kelas
............................................................................
|
16
|
|
7.
Kelulusan
.....................................................................................
|
17
|
|
8.
Penentuan kelulusan
....................................................................
|
18
|
|
BAB IV.
|
KALENDER PENDIDIKAN ................................................................
|
19
|
1.
Analisis hari belajar Efektif
.......................................................
|
19
|
|
2.
Jadwal Pelajaran
|
21
|
|
0 komentar:
Posting Komentar