Pages

Ads 468x60px

Sabtu, 22 September 2012

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

    Tuhan yang maha Esa menciptakan jagat raya dengan beserta isinya. ada mahluk hidup dan mahluk tidak hidup. mahluk hidup contohnya manusia, hewan dan tumbuhan. selain itu ada mahluk hidup yg tidak bisa terlihat dengan mata manusia biasa, sepeti malaikat dan jin. Mahluk tidak hidup contohnya tanah, air, dan batu.
    Baik mahluk hidup maupun mahluk tidak hidup memiliki karakter sendiri sendiri, memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri sendiri. hal itu harus kita sadari karena kesempurnaan hanyalah mutlak kepunyaan Sang Pencipta. Oleh sebab itu kita sebagai manusia, yang diberi akal dan pikiran harus bisa menggunakan akal pikiran kita untuk bisa memahami  kekurangan dan kelebihan mahluk lainnya.
    Nach, yang akan menjadi bahasan kita dalam tulisan ini adalah bagaimana cara kita bisa memahami dan menerima kekurangan dan kelebihan orang lain. karena kalau mau jujur, kebanyakan dari kita lebih suka membanggakan kelebihan yg kita miliki, dan cenderung mencemooh kekurangan orang lain. ibarat peribahasa "gajah di pelupuk mata tidak kelihatan, semut yang di seberang lautan jelas kelihatan".
    Manusia tercipta disertai dengan banyak kelebihan, misalnya cerdas, terampil, cantik . tetapi dibalik itu pastilah ada kekurangan misalnya malas, sombong, emosional dan posesive.
    Orang awam seperti saya akan lebih suka mengatakan apa adanya, dalam bahasa jawa " tanpa tedeng aling aling". Jadi penilaian saya terhadap segala sesuatu sangat obyektif dan bisa dipertanggung jawabkankan karena tanpa tendensi apapun. apalagi saya punya prinsip, barang siapa suka memuji orang maka biasanya dia juga suka mencela orang lain. Makanya saya lebih enjoy menilai orang, dengan kelebihan dan kekurangan yg dimilikinya, dengan maksud supaya yangbersangkutan memahami kekurangan yang ada pada dirinya untuk kemudian berusaha memperbaikinya.
    Pernah suatu waktu seorang yang sangat dekat denganku meminta pendapat bagaimana sebenarnya kepribadiannya. Dengan jujur aku katakan, Kamu punya banyak kelebihan, diantaranya : cerdas, supel, manis, ulet, pantang menyerah, suka menolong, tetapi kamu juga punya kekurangan, diantaranya : egois dan gede gengsi.
    maksud saya menunjukkan kelebihannya adalah supaya dia bisa lebih mengoptimalkan kelebihan yang dimilikinya, sedangkan kekurangan yg saya sertakan juga punya tujuan, yaitu supaya dia bisa mengurangi egonya, supaya dia tidak mendewakan gengsinya. hal ini semata mata saya lakukan demi kebaikan yang bersangkutan baik sekarang maupun di masa yang akan datang. terlebih dia punya semboyan yang menurutku sangat "dahsyat", yaitu " menjadi sesuatu lebih dari sesuatu".
    Sebagai orang dekat saya tidak akan membiarkan dia berbangga bangga dengan kelebihan yang dimilikinya, sekaligus saya juga tidak akan membiarkan dia mendewa dewakan ego dan gengsinya.
    Semoga coretan sederhana ini  bisa membuka pintu hatinya dan mengantarnya untuk menjadi sesuatu lebih dari sesuatu sesuai ambisi mulianya. dan saya optimis dia pasti bisa, pasti bisa dan ........PASTI BISA.
    

0 komentar:

Posting Komentar